6 Peluang Bisnis Di Era 4.0

Revolusi Industri Era 4,0 merupakan fase revolusi teknologi yang mengubah cara berktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, serta transformasi dari pengalaman hidup yang sebelumnya.

Prinsip dasar revolusi industry 4.0 adalah menggabungkan mesin, alur kerja, dan system dengan menerapkan jaringan cerdas di sepanjangan rantai dan proses produksi.

Hal ini bertujuan untuk mengendalikan satu sama lain secara mandiri. Perkembangn teknologi yang pesat akan mendorong perubahan perilaku masyarakat.

Rekomendasi 6 Peluang Bisnis Era 4.0

Apa saja kah peluang bisnis yang ditawarkan di industry di era 4.0, dan apakah dapat memberikan keuntungan besar bagi masyarakat Indonesia?

Mau tau? Yuk simak dibawah ini.

1.Fintech (Finance Technology)

Saat ini, istilah fintech sudah sering terdengan di telinga kita. Termasuk Indonesia. Khusunya di kalangan menengah ke atas yang melihat berbagai peluang bisnis dari urusan finansial.

Para generasi milenial menjadi salah satu target utama dari perusahaan fntech. Hal ini dikarenakan ada banyak perusahaan fintech yang sudah memberikan kemudahan untuk mengelola keuangan.

Tak hanya itu, fintech juga memberikan kemudahan dalam urusan pembayaran di dalam transaksi jual-beli.

Hal inilah yang membuat fintech menjadi salah satu bisnis yang sangat sukses di era revolusi industry 4.0.

2.Software As A Service

Pada era industry 4.0, peluang ini akan banyak digunakan dalam lingkungan kerja. Bisnis ini merupakan pengembangan software dimana kalian akan membuat dan mengembangkan sebuah software sebagai pihak ketiga yang membantu segala aktivitas usaha lain.

Bentuk penjualannya berupa business to business. Artinya, klien utama kalian adalah sama-sama pebisnis.

Contoh bisnis software as a service adalah aplikasi absensi, software akuntansi, software retensi konsumen atau CRM, software payroll.

3.Cloud Hosting

Cloud merupakan salah satu teknik penyimpanan database yang ringan dan sangat mudah diakses. Pada dasarnya, masyarakat pasti sudah pernah menggunakan cloud tetapi tidak tahu kalua itu adalah cloud.

Seperti misalnya google drove dan Dropvox. Kedua cloud ini seringkali digunakan dalam industry saat ini. Inilah yang membuat cloud hosting sangat laku di era industry 4.0 saat ini.

4.Bisnis Jual Beli Online

Bisnis ini semakin menjanjikan di era revolusi industry 4.0. promosi yang tidak harus digembar-gemborkan serta tidak perlu menyediakan biaya operasional yang tinggi membuat bisnis ini semakin besar.

Cara pembayarannya juga lebih mudah lewat system Cash On Delivery, Virtual Account, hingga berbagai pembayaran lewat perusahaan fintech.

5.On Demand Service

On demand service sebenarnya sudah sering digunakan oleh masyarakat, seperti aplikasi transportasi inline.

Pada dasarnya hal ini merupakan sebuah layanan jasa yang hanya muncul di sekitar kita jika kita menginginkan.

Bisnis yang fleksibel inilah yang membuat on-demand service semakin digemari di era industry 4.0.

6.Online Marketing

Kini, marketing juga bisa dilakukan secara online di era baru. Visibilitas yang ada di internet memberikan potensi yang sangat luas kepada calon konsumen sehingga sebuah bisnis akan lebih mudah untuk memasarkan produk mereka.

Peluang tersebut membuat kesempatan untuk membuka agensi pemasaran digital marketing terlihat begitu menggiurkan.

Apalagi, banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencari strategi terbaik untuk kampanye digital mereka.

Dengan kolaborasi bersama agensi yang ahli, maka sebuah bisnis akan meraup berbagai keuntungan yang baik untuk pertumbuhan bisnis mereka.

Itulah 6 peluang bisnis yang bisa kalian lakukan di era sekarang ini, 4.0. suatu era dimana terjadi otomatisasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi pabrik yang mencakup system siber-fisik.

Gimana? Sudah siap menghadapi 4.0?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post