Peluang Usaha Bisnis Daur Ulang Plastik

Usaha apa yang menguntungkan dan bermanfaat untuk alam? Banyak usaha yang bisa membantu kamu untuk menjaga lingkungan, salah satunya adalah untuk berbisnis daur ulang sampah plastik. Selain menjaga alam, ini adalah salah satu sumber pendapatan yang menggiurkan.

Kenapa? Karena dalam menjalankan bisnis ini kamu tidak akan pernah kehabisan bahan baku karena selama dunia masih belum sadar akan bahaya plastik, maka plastik akan terus diproduksi dan kamu akan tetap mengolahnya. Terdengar miris, namun ini kenyataan.

Lalu apa yang menguntungkan dari membuka usaha ini? Mungkin sekarang memang masih banyak yang belum menyadari mengenai usaha ini, dibuktikan dengan masih minimnya pelaku bisnis ini.

Bahkan kalau dilihat secara luas, minim sekali pihak yang tertarik untuk menggeluti bisnis daur ulang sampah.

Padahal bisnis ini adalah bisnis yang cocok dijadikan usaha skala rumahan, karena modal yang dibutuhkan pun tidak terlalu besar dan tak ada batasan waktunya. Itu karena usahanya bisa dilakukan ketika memang tidak ada hambatan saja.

Kebutuhan plastik yang tinggi di Indonesia pun bisa menjadikan sebuah kesempatan yang baik agar pengusaha dari bisnis ini terus bertahan.

Berikut ini kami memiliki tips untuk yang ingin mulai menjalankan usaha ini. Pahami terlebih dahulu segalanya sebelum mencoba untuk memulai bisnis ini.

Tips Jalani Bisnis Daur Ulang Plastik

1.Siapkan Lahan

Untuk bisa memulai bisnis ini, dibutuhkan lahan yang cukup luas untuk bisa dijadikan tempat penyimpanan plastik serta hasil dari biji plastiknya. Ini adalah hal yang penting, agar mudah untuk melakukan penyortiran jenis plastik sampai ke pengolahannya.

2. Siapkan Modal

Tenang saja, modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini tidak banyak. Hanya saja setidaknya siapkan uang untuk membeli plastik dari para pemulung. Selain itu modal awal diperlukan juga untuk membeli keperluan lain.

3. Beli Mesin Daur Ulang Sampah

Untuk menjalankan bisnis ini, membutuhkan mesin penggiling plastik sampai ke timbangan agar proses pengolahan yang dilakukan bisa cepat. Sesuaikanlah pembelian mesin dengan kemampuan finansial, yang penting usaha bisa berjalan.

4. Pelajari berbagai metode Daur Ulang Sampah

Banyak metode yang bisa dipelajari untuk menjalankan bisnis ini, seperti misalnya banyaklah lakukan tukar pikiran dengan para pelaku usaha lain agar nanti bisa menjadi masukan untuk menjalankan usahamu.

5. Rekrut Karyawan

Bisnis ini mungkin akan sulit jika melakukannya sendiri, lebih baik untuk rekrut beberapa karyawan untuk bersihkan, sortir, sampai giling plastik bekas tersebut. Usahakan karyawan yang direkrut benar-benar sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu banyak-banyak.

6. Perluaslah Koneksi

Sebanyak mungkin usahakan mendapatkan koneksi pengepul sampah plastik agar mudah dalam bekerja sama. Itu juga dilakukan agar bisnis kedepannya bisa semakin lancar.

7. Pelajari cara daur ulang plastik yang Benar

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan daur ulang plastik.

bijih plastik
  • Bersihkanlah plastik dari berbagai kotoran yang masih menempel padanya, seperti misalnya kertas, label, dan lainnya
  • Bersihkan dengan gunakan Cutter lalu cuci dengan bersih
  • Pipihkan plastik dengan diinjak atau dipress
  • Hancurkan Plastik dengan menggunakan penghancur plastik
  • Pilih serpihan yang remuk dengan cara masukkan ke air, pisahkan yang mengapung dan yang tenggelam
  • Pisahkan sesuai jenisnya dan masukkan ke mesin pelebur
  • Bentuk menjadi helaian dan potong dengan mesin pellet, jadilah bijih plastik.

Nah, itulah beberapa tips mengenai usaha Daur Ulang Plastik. Tertarik memulai usaha satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *