Peluang Usaha Sembako di Masa Sekarang Ini

Usaha toko Sembako merupakan peluang usaha yang menjanjikan dan saat ini cukup banyak orang yang menjalankan bisnis ini. Biasanya toko-toko Sembako menjajakan beras, minyak, serta bahan makanan lain yang menjadi kebutuhan utama manusia. Itulah sebabnya kenapa melakukan usaha warung Sembako hingga saat ini masih sangat menjanjikan.

Tetapi sayangnya masih banyak orang yang ragu untuk memulai usaha toko Sembako, karena saat ini sudah banyak pemain besar, seperti mini market dan pusat perbelanjaan besar yang semakin menjamur. Tetapi untuk para pebisnis, tentu ada celah yang dapat dimanfaatkan.

Oleh karena itu, berikut ini kami memiliki beberapa hal yang wajib diketahui sebelum memulai bisnis Sembako.

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Sembako

A.Kelebihan Usaha Sembako

1.Dibutuhkan Orang Banyak

Usaha ini memiliki kelebihan, karena target pasarnya juga luas. Banyak orang akan mencari bahan makanan favorit mereka di toko Sembako, bukan hanya untuk kelas menengah, tetapi juga kelas atas. Sehingga tidak sulit untuk mencari konsumen dan menentukan target pasar. Asalkan bisa memilih lokasi yang tepat, maka toko Sembako bisa berjalan dengan baik.

2.Selalu Dicari

Ketika orang-orang ke pasar, pasti mereka akan mencari toko Sembako. Tidak peduli sedang musim apa, baik itu hari raya atau bukan, pasti semua membutuhkan Sembako. Di toko Sembako juga biasanya sudah lengkap, apa yang mereka inginkan pasti akan ada di sana.

3.Bisa Membuka Usaha di Rumah

Toko Sembako merupakan usaha yang fleksibel. Jika ada space kosong di rumah Anda, lokasi rumah strategis, dan bisa menjadi tempat berusaha yang baik, usaha ini bisa dibuka di rumah. Selain itu kelebihan lain adalah bisa sambil mengerjakan pekerjaan rumah. Kalau modalnya besar, Anda dapat menjadi distributor dan warung-warung kecil sekitar rumah dapat mengambil barang di tempat Anda.

4.Mudah Untuk Dijangkau

Kerap kali banyak orang yang terlalu malas untuk pergi ke super market yang letaknya biasanya tidak begitu dekat dengan pemukiman. Dengan demikian bisa menjadi keuntungan bagi toko Sembako yang letaknya biasanya selalu berada di pemukiman.

5.Lebih Mudah Akrab dengan Pelanggan

Konsumen yang datang ke toko Sembako biasanya tidak hanya sekali atau dua kali datang, melainkan bisa berkali-kali bahkan setiap hari. Ini bisa membuat timbulnya rasa kekeluargaan antara konsumen dengan Anda.

B.Kekurangan Usaha Sembako

1.Harga Tidak Stabil

Kekurangan yang kerap terjadi saat melakukan usaha ini adalah harga Sembako yang terkadang bisa naik dan bisa turun. Yang merugikan adalah ketika kita membeli Sembako ketika harga sedang naik, dan seketika harga bisa tiba-tiba turun. Tentunya kita sebagai pengusaha harus bisa mensiasati hal ini agar konsumen tetap membeli produk di toko kita.

2.Bersaing dengan Toko Sembako Lain

Setiap usaha pasti memiliki persaingan tersendiri, baik bisnis kecil maupun yang besar. Meski saingan pada usaha Sembako cukup besar, dasarnya masih dapat memberikan keuntungan jika kita bisa mengolah toko tersebut dengan baik.

Oleh sebabnya, jika ingin lebih baik cobalah untuk sediakan produk yang lengkap, miliki toko dengan posisi strategis, perhatikan kompetitor, berikan pelayanan yang terbaik agar konsumen nyaman, pastikan harga Sembako ditentukan dengan tepat, maksimalkan pemasaran, dan juga siapkan peralatan usaha dengan baik.

Jika Anda sudah memahami beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, semoga ketika Anda memulai sudah bisa mengantisipasi kekurangan yang bisa ada pada usaha ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *